Wednesday, January 2, 2013

[Review] A Gentleman's Dignity - Ketika Para Ahjussi Mencari Cinta Sejati


Judul: A Gentleman's Dignity (Shinsa-ui Poomgyeok)
Episode: 20
Genre: Drama komedi
Pemain:
  • Jang Dong Gun = Kim Do Jin
  • Kim Ha Neul = Seo Yi Soo
  • Kim Soo Ro = Im Tae San
  • Yoon Se Ah = Hong Se Ra
  • Kim Min Jong = Choi Yoon
  • Yoon Jin Yi = Im Me Ah Ri
  • Lee Jong Hyuk: Lee Jung Rok
  • Kim Joong Nan: Park Min Suk
Setelah menimbang-nimbang memutuskan mana duluan antara drama ini dan Cheongdam-dong Alice, akhirnya saya memutuskan membuat review ini dulu sebelum feelnya hilang. Dan ijinkan saya curhat sedikit sebelum menulis, sewaktu saya membaca sinopsis drama ini, saya sukses dibikin galau dan teringat dengan pacar saya yang sedang berada di luar negeri. Bahkan ada beberapa episode yang membuat mata saya berkaca-kaca, terutama adegan dimana Kim Do Jin dan Seo Yi Soo berjuang mempertahankan cinta mereka... Akting para ahjussi ini sangat handal bikin hati cewe klepek-klepek. Hiks.. hiks... This drama was so sweet... Tak lupa, saya suka dengan penampilan Kim Soo Ro. Kangen banget sudah lama nggak lihat dia setelah Family Outing 1 selesai.

Sinopsis:

Ini merupakan kisah tentang 4 pria paruh baya yang sudah bersahabat sejak SMA: Kim Do Jin, Choi Yoon, Im Tae San, dan Lee Jung Rok. Mereka sudah melalui berbagai lika-liku kehidupan, jatuh bangun, dan suka duka selama 30 tahun lebih. Karir dan penghasilan sudah tidak perlu diragukan lagi, hanya 1 kekurangan mereka, yakni cinta sejati. Di usia mereka yang sudah kepala 4, bahkan beberapa temannya sudah punya anak, mereka tetap melajang. Hanya 2 yang sudah menikah.




Kim Do Jin, seorang arsitektur handal. Kemampuannya mendesain gedung sudah tidak diragukan lagi. Suatu hari ia bertemu perempuan cantik saat tengah menungguh kencan butanya datang. Ia begitu terpesona, namun sayang sebelum sempat melihat lebih seksama, gadis itu sudah pergi. Kedua kalinya, terjadi sebuah insiden kecil dimana kain wol yang dipakai si gadis nyangkut di tasnya sehingga menyebabkan wanita itu malu karena bagian bawahnya terlihat sedikit. Untuk mencegah wanita tersebut bertambah malu, Do Jin membuatkan "rok" dari taplak milik lapak tetangga dan mengenakannya pada wanita itu. Saat itu, Do Jin sama sekali tidak ingat bahwa sebelumnya sudah pernah bertemu dengan wanita itu. Saat tiba-tiba tersadar, sang wanita sudah pergi dengan taksi.

Pertemuan ketiga mereka adalah saat pertandingan baseball amatir yang diikuti 2 sahabatnya, Tae San dan Yoon. Saat ia melihat siapa yang menjadi wasit, tersadarlah ia bahwa ia sudah bertemu 3x dengan wanita yang terus membayangi benaknya. Nama wanita itu adalah Seo Yi Soo. Interaksi mereka terjadi ketika Yi Soo berusaha meminta maaf pada Do Jin yang sudah dikerjai murid-muridnya di sekolah. Mengetahui Yi Soo adalah gadis yang selama ini membuatnya penasaran, Do Jin pun kemudian memantapkan hati untuk mengejar Yi Soo, dengan cara yang unik dan kekanakan agar dapat menarik perhatian Yi Soo. Bahkan, ia rela menghentikan sifat playboynya dan bertobat. Namun karena sikapnya itu, Yi Soo sendiri merasa bahwa Do Jin bukan tipe pria yang bisa serius dengan 1 perempuan, Terlebih Do Jin pernah bilang bahwa dia sedikit meragukan pernikahan. Belum selesai perjuangan Do Jin, ia kemudian mengetahui bahwa selama ini hati Yi Soo ada pada Im Tae San, sahabatnya sendiri yang justru memacari sahabat Yi Soo, Hong Se Ra. Meski patah hati, Yi Soo masih belum bisa melepaskan Tae San dari hatinya.


Kesal ditolak berulang kali, Do Jin akhirnya memutuskan untuk menyerah. Sayang, keputusannya itu tepat ketika hati Yi Soo mulai luluh dan terjadilah pergantian aksi dimana Yi Soo yang mencari Do Jin. Mereka akhirnya memutuskan berpacaran. Namun, masalah belum berhenti di situ. Mantan pacar sekaligus cinta pertama keempat pria itu (memang orang yang sama ckckck), Kim Eun Hee, muncul kembali ke dalam kehidupan mereka. Sebenarnya bukan Kim Eun Hee secara langsung, tapi putranya, Collin, yang ternyata merupakan putra kandung Do Jin. Hubungan mereka pun bagai di ujung tanduk. Do Jin yang tidak ingin membuat reputasi Yi Soo sebagai guru etika menjadi buruk, memutuskan untuk mengakhiri hubungan mereka secara sepihak dan mati-matian menghindari Yi Soo, meski harus hidup bagai mayat hidup. Yi Soo pun tak kalah kacaunya. Setelah berpikir cukup lama dan saling menyakiti satu sama lain, akhirnya mereka berbaikan. Yi Soo bersedia menerima Do Jin dan Collin apa adanya, tak peduli komentar orang lain dan akan maju terus apapun yang terjadi. Demikian halnya Do Jin, ia bahkan mentraktir rekan guru Yi Soo sebagai pacar, bukan sebagai orangtua Collin yang sekolah di tempat Yi Soo mengajar, agar mereka tidak menggosipkan hal-hal buruk tentang Yi Soo.

Sebelum mereka berbaikan, Do Jin bahkan sempat melakukan tindakan heroik, mencegah Yi Soo disakiti oleh 2 kakak tirinya yang menginginkan ibu kandung Yi Soo pergi meninggalkan rumah mereka setelah sang ayah wafat. Ibu kandung Yi Soo meninggalkannya saat ia berusia 12 tahun dan lebih memilih menikah dan merawat anak tirinya. Kini ibunya bersengketa masalah warisan dengan anak tirinya. Dengan ancaman yang kocak dari Do Jin dan ketiga sahabatnya, kakak tiri Yi Soo tidak berani lagi mengganggu Yi Soo. Tae San yang kuat mengancam akan terjadi sesuatu yang buruk dengan tubuh mereka, Jung Rok mengancam dari segi keuangan karena istrinya kaya raya dan berpengaruh, Choi Yoon yang pengacara mengancam dari sisi hukum dan Do Jin (ini bagian yang paling so sweet buat aku), "Aku adalah kakak yang mencintai Yi Soo." dan “Kuperingatkan kalian, kalau kalian berani mencarinya lagi atau mengajaknya keluar masalahnya tidak akan diselesaikan secara beradab. Baik secara fisik, keuangan, hukum maupun pribadi. Kami bisa melakukan semuanya.” Kurang lebih kata-katanya seperti itu hahaha...

Dan beginilah gaya mereka...

Bagi saya pasangan yang paling sweet di sini adalah mereka. Terutama yang paling saya sukai adalah tindakan yang dilakukan Do Jin terhadap Yi Soo. Manis dan romantis meski sedikit nakal dan genit, yah maklum keduanya sudah sangat dewasa. Hehe... Karakter Do Jin ini ngemong banget sama ceweknya dan gampang cemburuan bahkan sekadar menyebut kata pria lain dan Jung Yong Hwa yang di dalam drama muncul sebagai mantan murid SMP Yi Soo, dan ia tampil sebagai dirinya sendiri dan anggota C.N. Blue. Ohya, pemeran Collin juga anggota C.N.Blue, namanya Lee Jong Hyun.


Sekarang kita beralih dengan cerita cinta Choi Yoon. Ia adalah pria kedua yang memutuskan untuk menikah. Sayangnya, pernikahannya tidak bertahan lama. Sang istri meninggalkannya lebih dulu ke dunia lain. Yoon mengalami luka yang sangat dalam dan tak sanggup melepaskan cincin kawinnya walau itu sudah berlalu 4 tahun. Di sisi lain, adik Tae San yang berbeda usia 17 tahun dari mereka, Meahri, sangat tergila-gila padanya. Ia melakukan segala cara supaya bisa jadian dengan Yoon walau Yoon juga sudah menolaknya berkali-kali karena ia adiknya Tae San. Tak terhitung tetesan air mata, perjuangan, dan pengorbanan Meahri untuknya. Walau kakaknya jelas-jelas tidak merrestui, Meahri tetap pada pendiriannya.

Kegigihan Meahri sebenarnya membuat hati Yoon luluh juga, tapi karena ia memandang persahabatannya, ia memilih memangkas perasaannya dan rasa cemburu ketika Meahri sempat dekat dengan Collin yang saat itu belum diketahui merupakan anak Do Jin. Sampai akhirnya karena Tae San yang jelas-jelas sudah melarang Meahri memiliki perasaan pada Yoon ingin mengirim Meahri kembali ke Amerika, Yoon berontak dan mencoba berani merengkuh kebahagiaannya. Ia menarik Meahri keluar dari bandara, menghadap Tae San dan meminta ijinnya. Tae San jelas murka dan mengusir keduanya. Ia tidak bisa menerima ini. Sebagai sahabat ia bisa menerima masa lalu Yoon, tapi sebagai kakak ipar, ia tidak bisa. Ia mungkin ingin agar Meahri mendapatkan pasangan yang lebih baik dengan latar belakang yang lebih bagus daripada ia dan teman-temannya, termasuk Yoon, Namun, kekuatan cinta mereka, akhirnya bisa meluluhkan hati Tae San dan Tae San bahkan merestui adiknya menikah dengan sahabatnya.


Lalu beralih pada kehidupan asmara Tae San, pria yang menjadi cinta bertepuk sebelah tangannya Yi Soo. Bisa dibilang Tae San memiliki hubungan asmara bagai roller coaster dengan Se Ra. Se Ra adalah tipe wanita modern yang tidak mementingkan arti pernikahan. Sementara Tae San di umurnya yang ke-40 sudah ditanyakan perihal pernikahan oleh kedua orangtuanya. Saat ia melamar Se Ran, Se Ra menolaknya karena ia tidak ingin karir golfnya runtuh dan menjadi ibu rumah tangga biasa. Mereka pun sempat putus dan mengalami kegalauan karena keduanya saling mencintai. 

Se Ra juga merupakan tipe wanita yang memiliki harga diri tinggi, ketika ia terbelit hutang, ia memilih menggadaikan mobilnya pada Park Min Suk dibanding meminjam uang pada Tae San. Meski pada akhirnya Tae San mengetahui hal itu dan membantu melunasi hutangnya, Se Ra tetap bersikukuh akan membayar cicilan hutangnya pada Tae San. Tae San bukan pria romantis tapi ia sangat menjaga dan menyayangi wanitanya, bahkan rela mengenakan pakaian yang bukan gayanya demi menyenangkan Se Ra. Mendengar Se Ra telah hamil, akhirnya Se Ra luluh dan mau menikah dengan Tae San setelah anak mereka lahir.


Sebagai personel pertama yang masuk ke dunia pernikahan, kehidupan rumah tangga Jung Rok - Min Suk tidaklah harmonis. Jung Rok yang playboy dan kerap bertengkar membuat Min Suk selalu curiga dan berhasil menangkap basah kelakuan buruk suaminya, Sudah tidak terhitung berapa kali ia mengancam ingin bercerai dan akan mengusir ketiga sahabat suaminya yang menyewa ruang kantor di gedungnya. Hingga suatu kali saat Jung Rok akhirnya bertobat dan memutuskan untuk setia padanya, sifat mencurigai Min Suk tak pernah hilang. Min Suk malah merasa tersiksa dan akhirnya memutuskan untuk meminta cerai pada Jung Rok dengan nada memohon. Kali ini Jung Rok kelabakan dan berusaha sekuat tenaga mempertahankan pernikahannya. 

Note:

Well, seperti yang sudah saya ungkapkan di atas tadi bahwa drama ini sangaaatttt manissss dan berpotensi membuat kita galau! Sweet Do Jin >.< Oke, sekarang sudah dulu curhatnya sebelum keburu panjang. Sekarang saya ingin memberikan sebuah kutipan manis namun menyentil yang ada di dalam drama AGD ini.

  • Saya tidak ingat kata-kata persisnya, tapi kurang lebih menyatakan bahwa "...yang namanya kejutan sangat diperlukan di antara sepasang kekasih."
  • "Kenapa wanita sering merasa tidak aman [dalam suatu hubungan]?" | "Karena pria selalu mengatakan 1 hal pada 1 waktu dan hal berbeda di lain waktu dan mereka melakukan keduanya dengan sungguh-sungguh." -- Seo Yi Soo.
  • "Ada Apa ini? Aneh sekali. Kupikir wanita bertubuh tinggi tak akan beruntung dengan pria." --> kalau ini saya yang tersinggung karena badan saya tinggi dan memang sepertinya sudah hukum alam tidak semua wanita tinggi bisa mendapatkan pria yang lebih tinggi darinya dan kenyataan bahwa pria yang bertubuh tinggi malah memiliki wanita yang tidak terlalu tinggi atau berbadan mungil. Hahaha...
  • "Ketika mempelai wanita menerima sebuah bucket memilih bunga artinya dia bersedia menikah. Lalu dia memasangkannya di jas mempelai pria. Itulah boutonniere yang asli." -- Kim Do Jin.
  • "Kau bilang cinta pertamamu direbut teman ayahmu?" Dong Hyub kepada Collin. "Ya," jawab Collin. "Cinta pertamaku direbut oleh ayah temanku," lanjut Dong Hyub. "Apa? Jadi kau mencintai guru?!" tanya Collin takjub.
Di dalam drama AGD, sama sekali tidak ada peran antagonis, yang menjadi daya tarik dari drama ini adalah realita kehidupan sosial(ita) masa kini, yang tidak begitu yakin dengan ikatan pernikahan, perselingkuhan setelah menikah, dan para pria berusia 40 tahun yang masih menjomblo tapi sering berkencan dengan banyak wanita. Bagi teman-teman yang menyukai drama romantis, saya merekomendasikan drama ini untuk dintonton. Sekalian menemani saya menggalau ria.. Hihihi...

Sinopsis lengkap AGD bisa dibaca di: Apa Azzalah milik Anis.


Oh ya, drama ini juga menyabet banyak penghargaan dalam acara SBS Drama Award 2012. Ajang tahunan apresiasi untuk drama yang ditayangkan selama setahun di dalam stasiun televisi ybs.

  1. Jang Dong Gun & Kim Ha Neul mendapatkan Top Excellence Award untuk kategori Weekend/ Serial Drama dan Top 10 Stars
  2. Kim Soo Ro mendapatkan Excellence Award Weekend/ Serial Drama
  3. Kim Min Jong, Lee Jong Hyuk, Kim Jung Nan mendapatkan Special Acting Award untuk kategori Weekend/ Serial Drama
  4. Scriptwriter Kim Eun Sook diganjar Lifetime Achievement Award atas naskah AGD
  5. Kim Min Jong dan Yoon Jin Yi mendapatkan Best Couple Award
  6. Kim Ha Neul mendapatkan lagi Audience Popularity Award
  7. Lee Jong Hyun dan Yoon Jin Yi mendapatkan New Stars Award
Daebak! 7 penghargaan disabet oleh serial drama AGD. Berita selengkapnya silahkan klik link berikut:

Maaf, maksa majang foto Soo Ro Oppa, demen banget liat muka dia sih :p

Happy reading or watching!

Photo credit: A Gentleman's Dignity Fanpage

2 comments:

  1. huwaaaaaa huwaaaa huwaaaa melisa trim udah ngelink.... salam kenal juga ya.... wah reviewnya bagus...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih mba Anis udah mampir n komen di sini ^^

      Delete

Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Silahkan memberikan komentar di bawah ini. Sebisa mungkin saya balas satu per satu :)